+62 895-2885-6655 cyclinknesia@gmail.com

Kuliner ekstrem telah menjadi daya tarik yang unik di Yogyakarta. Kota ini bukan hanya terkenal dengan warung makan tradisionalnya, tetapi juga menawarkan pengalaman kuliner yang luar biasa bagi mereka yang suka tantangan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa makanan ekstrem yang dapat ditemukan di Jogja.

  1. Lele Lepat

Salah satu kuliner ekstrem yang terkenal di Jogja adalah Lele Lepat. Makanan ini adalah olahan lele yang dihancurkan dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas Jawa seperti sambal dan kecap manis. Mungkin terlihat biasa saja, tetapi yang membuatnya ekstrem adalah bahan tambahannya yang mencengangkan yaitu belalang goreng. Belalang ini ditambahkan sebagai topping dan memberikan sentuhan gurih dan renyah yang unik pada hidangan ini. Meskipun mungkin terdengar aneh bagi beberapa orang Lele Lepat telah menjadi hidangan favorit di Jogja.

  1. Nasi Pecel Kawi

Nasi Pecel adalah hidangan nasi yang disajikan dengan sayuran hijau seperti kangkung, tauge, dan kacang panjang yang dilumuri dengan saus kacang khas Jawa. Namun, di Jogja terdapat variasi yang lebih ekstrem yang dikenal sebagai “Nasi Pecel Kawi.” Hidangan ini ditambahkan dengan jeroan (organ dalam) sapi seperti paru-paru, limpa, dan hati yang dimasak dengan bumbu kacang. Rasanya pedas dan gurih dan membuat pengalaman kuliner ini benar-benar unik.

  1. Sate Klathak

Sate Klathak adalah variasi sate yang sangat populer di Jogja. Perbedaan sate klatak dengan variasi sate lain adalah menggunakan tusuk sate yang terbuat dari tulang kambing besar yang dikenal dengan nama “Klatak”. Daging kambing yang empuk disajikan dengan berbagai bumbu dan saus sate yang lezat. Ini adalah hidangan yang sangat nikmat untuk pecinta daging dan kelezatan yang unik.

  1. Kerak Telor

Kerak Telor adalah hidangan tradisional khas Betawi yang juga bisa ditemukan di Jogja. Kerak telor adalah adonan beras yang dicampur dengan telur ayam, ebi (udang kering), bawang merah, kelapa parut, dan bumbu khas. Hidangan ini kemudian dipanggang hingga coklat keemasan dan disajikan dengan taburan bawang merah goreng. Rasanya unik dan lezat, dan merupakan pilihan yang populer di pasar malam Jogja.

  1. Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret adalah pilihan yang menarik bagi yang ingin mencicipi minuman ekstrem di Jogja. Es Gempol Pleret adalah es krim yang terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti ketela pohon dan gula aren, yang memberikan rasa manis dan tekstur yang unik. Minuman ini sering disajikan dengan potongan nangka dan serutan kelapa parut. Es Gempol Pleret adalah cara yang menyegarkan untuk mengakhiri petualangan kuliner ekstrem di Jogja.

Meskipun mungkin tampak ekstrem, makanan-makanan ini adalah bagian dari warisan kuliner yang kaya dan budaya yang beragam di Jogja. Jadi, jika kamu mencari pengalaman kuliner yang berbeda dan ingin mencoba sesuatu yang baru, Jogja adalah tempat yang tepat untuk menjelajahi rasa-rasa ekstrem yang menggugah selera.

× chat us