+62 895-2885-6655 cyclinknesia@gmail.com

Alun-alun Kidul atau yang juga dikenal sebagai Alun-alun Selatan adalah salah satu tempat wisata unik di Yogyakarta. Alun-alun Kidul menawarkan pengalaman wisata kuliner dan budaya yang berbeda. Selain itu, Alun-alun kidul juga menyediakan pengalaman bersepeda yang menarik. Tempat ini dikelilingi oleh suasana kota yang khas dan pemandangan keindahan Keraton Yogyakarta. Hal tersebut menjadikan Alun-alun Kidul sebagai tempat yang sempurna untuk bersepeda. Lebih lanjut dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan beberapa rute bersepeda yang menarik dan tempat menarik yang dapat kamu kunjungi di Alun-alun Kidul.

  1. Mengelilingi Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul memiliki jalur bersepeda yang terpisah dari jalan raya sehingga sangat aman untuk dijadikan sebagai tempat bersepeda, kamu bisa mengelilingi alun-alun tanpa mengkhawatirkan kendaraan lain. Selian itu, kamu juga bisa menikmati suasana tenang sambil menikmati pemandangan taman yang indah di sekitar alun-alun. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati liburan di Alun-alun Kidul. Tempat ini juga sangat ideal untuk mengambil foto dengan latar belakang Keraton Yogyakarta yang megah.

  1. Ke Taman Sari

Dari Alun-alun Kidul, kamu dapat melanjutkan perjalanan bersepeda ke Taman Sari. Tempat ini merupakan istana air yang indah dan dibangun pada abad ke-18. Taman Sari adalah salah satu situs bersejarah paling penting di Yogyakarta. Kamu bisa mengeksplorasi kompleks istana ini dengan bersepeda melalui jalan-jalan kecil yang dipagari oleh bangunan-bangunan bersejarah dan kolam-kolam air yang indah. Taman Sari juga merupakan tempat yang bagus untuk beristirahat sejenak dan menikmati keindahan arsitektur Jawa yang klasik.

  1. Menuju Kali Code

Setelah mengunjungi Taman Sari, kamu bisa melanjutkan perjalanan bersepeda ke arah timur yaitu menuju Kali Code. Kali Code adalah sungai kecil yang mengalir melalui Yogyakarta dan merupakan tempat yang populer bagi para penggemar bersepeda air. Di tempat ini kamu dapat menyewa perahu dan mengeksplorasi sungai sambil menikmati suasana alam yang tenang. Perjalanan bersepeda ke Kali Code juga akan membawa kamu melewati berbagai pedesaan dan pasar tradisional yang menawarkan pemandangan khas Jawa.

  1.  Melihat Seni Jalanan

Yogyakarta terkenal dengan kota seni, kamu akan menemukan berbagai mural dan seni jalanan yang menggambarkan budaya dan sejarah Jawa. Dengan keunikan tersebut menjadikan salah satu aspek menarik dari bersepeda di sekitar Alun-alun Kidul. Kamu dapat melihat seni jalanan yang menghiasi dinding-dinding di sekitar tempat ini. Berhentilah sejenak untuk mengagumi karya seni yang menarik dan ambil foto untuk mengabadikan momen tersebut.

  1. Berhenti untuk Makanan Lokal

Selama perjalanan bersepeda, pastikan untuk berhenti di salah satu warung atau kedai makanan lokal dan cicipi hidangan khas Yogyakarta seperti gudeg, sate, atau bakmi. Kamu dapat merencanakan berhenti makan siang atau makan malam di salah satu tempat tersebut untuk merasakan rasa autentik kuliner Jawa.

  1. Mengunjungi Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu pasar tradisional terbesar di Yogyakarta dan merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi selama perjalanan bersepeda. Di sini, kamu bisa menjelajahi berbagai toko yang menjual barang-barang tradisional seperti batik, kerajinan tangan, dan rempah-rempah. Pasar ini juga memiliki arsitektur yang indah dan suasana yang ramai.

  1. Bersepeda Malam di Alun-alun Kidul

Jika kamu memiliki waktu, pertimbangkan untuk kembali ke Alun-alun Kidul pada malam hari. Alun-alun ini terkenal dengan penerangan malam yang indah dan suasana yang hidup. kamu dapat bersepeda di sekitar alun-alun sambil menikmati pemandangan lampu-lampu hias yang berwarna-warni dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas sosial dan budaya yang sering diadakan di sini pada malam hari.

× chat us