+62 895-2885-6655 cyclinknesia@gmail.com

Tugu Yogyakarta atau yang sering disebut dengan Tugu Jogja adalah salah satu ikon paling kuat dan terkenal di Yogyakarta. Tugu ini bukan hanya sebuah monumen fisik yang menjulang tinggi di tengah kota, tetapi juga simbol keagungan dan kebanggaan bagi warga Yogyakarta. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah yang mengesankan dan beberapa fakta unik yang mengelilingi Tugu Jogja.

Tugu Jogja memiliki sejarah yang mendalam dan melibatkan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. Tugu ini awalnya dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, pendiri Kesultanan Yogyakarta, yang pada saat itu masih merupakan bagian dari Kesultanan Mataram. Tujuannya adalah sebagai benteng pertahanan untuk melindungi kerajaan dari serangan musuh.

Tugu ini mengalami berbagai renovasi dan pemugaran sepanjang sejarahnya. Pada tahun 1889, ketika Belanda menguasai Yogyakarta, Tugu ini mengalami perubahan bentuk menjadi bentuk obelisk yang mirip dengan yang kita lihat saat ini. Seiring berjalannya waktu, Tugu Jogja telah menjadi monumen yang menghiasi kota dan melambangkan kesatuan serta identitas kota Yogyakarta.

Fakta Unik tentang Tugu Jogja

Selain sejarahnya yang mengesankan, Tugu Jogja memiliki beberapa fakta unik yang menarik, sebagai berikut:

  1. Tinggi Tugu Jogja

Tugu Jogja memiliki ketinggian sekitar 27 meter. Hal ini menjadikan Tugu Jogja sebagai salah satu monumen tertinggi di Indonesia. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari puncak Tugu, terutama pada malam hari ketika cahaya indah menerangi lingkungan sekitarnya.

  1. Sentra Titik Kilometer

Tugu Jogja berperan sebagai titik kilometer nol atau titik nol di Yogyakarta. Artinya, semua jalan dan jarak di Yogyakarta diukur dari Tugu ini. Fakta ini sangat menarik karena menjadikan Tugu Jogja sebagai pusat dan acuan dalam navigasi di seluruh kota.

  1. Tugu Khas Mataram

Tugu Jogja memiliki bentuk obelisk khas yang dipengaruhi oleh arsitektur Mataram Kuno. Obelisk adalah monumen berbentuk pilar dengan ujung tajam yang menjadi ciri khas Tugu Jogja. Ini juga mencerminkan kekayaan budaya Mataram yang kaya.

  1. Simbol Perjuangan Kemerdekaan

Selama masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, Tugu Jogja menjadi salah satu pusat pergerakan nasional. Tugu Jogja menjadi saksi akan perjuangan dan semangat patriotic yang tulus dari masyarakat Indonesia. 

  1. Destinasi Wisata Populer

Selain sebagai simbol budaya dan sejarah, Tugu Jogja juga merupakan salah satu destinasi wisata populer di kota ini. Pengunjung dari berbagai penjuru dunia datang ke Tugu ini untuk mengagumi arsitektur megahnya, berfoto, dan merasakan keindahan kota Yogyakarta dari puncak Tugu.

Tugu Jogja bukan hanya bangunan fisik yang mencolok, tetapi juga melambangkan kebanggaan, budaya, dan sejarah yang mendalam bagi warga Yogyakarta dan seluruh bangsa Indonesia. Dengan sejarah yang kaya dan fakta unik yang menarik, Tugu Jogja akan terus menjadi destinasi penting yang mempesona dan memikat orang dari berbagai latar belakang dan budaya. 

× chat us