+62 895-2885-6655 cyclinknesia@gmail.com

Bali merupakan pulau eksotis di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya, pantai-pantai mempesona, dan budaya yang kaya. Namun, dibalik itu semua kekayaan kuliner di Bali juga menjadi daya tarik utama bagi para pelancong. Pulau ini menawarkan sejumlah hidangan lezat yang merupakan bagian tak terpisahkan dari pengalaman wisata di Bali. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa makanan khas Bali yang wajib kamu coba saat mengunjungi pulau ini.

  1. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah hidangan ayam yang diisi dengan rempah-rempah khas Bali dan dibungkus dalam daun pisang, lalu dipanggang selama berjam-jam. Proses ini memungkinkan rempah-rempah meresap ke dalam daging ayam, menghasilkan hidangan yang kaya rasa dan aromatik. Ayam Betutu sering disajikan dalam acara-acara khusus, seperti upacara keagamaan atau perayaan.

  1. Bebek Betutu

Selain Ayam Betutu, Bali juga terkenal dengan hidangan Bebek Betutu. Prinsipnya sama, yaitu bebek yang diisi dengan rempah-rempah. Ini adalah hidangan yang kaya dan menggugah selera, sering kali dihidangkan dengan nasi atau sayuran.

  1. Nasi Campur

Nasi Campur adalah hidangan yang berisi nasi putih yang dihidangkan dengan sejumlah lauk dan sayuran. Komponen-komponennya bisa bervariasi, tetapi biasanya mencakup daging seperti ayam, bebek, sate, telur, sayur-sayuran, dan sambal. Ini adalah hidangan yang lezat yang mencerminkan keanekaragaman rasa di Bali.

  1. Sate Lilit

Sate Lilit adalah hidangan sate khas Bali yang unik. Berbeda dengan sate konvensional yang dibuat dengan tusuk, sate lilit dibuat dengan mencampurkan daging ikan atau daging ayam dengan kelapa parut, daun jeruk, serai, dan rempah-rempah, lalu membentuknya menjadi gulungan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus kacang.

  1. Rujak

Rujak adalah hidangan buah khas Bali yang menggunakan campuran buah segar seperti nanas, mangga, dan jambu. Buah-buah ini dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan saus rujak yang pedas dan manis. Ini adalah hidangan segar yang sempurna untuk mengatasi cuaca panas Bali.

  1. Lawar

Lawar adalah hidangan yang berisi campuran sayuran, kelapa parut, daging, dan rempah-rempah. Ini adalah hidangan yang sehat dan lezat, sering kali disajikan dengan nasi. Lawar tersedia dalam berbagai variasi, termasuk Lawar Ayam dan Lawar Bebek.

  1. Ikan Pepes

Ikan Pepes adalah hidangan ikan yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali dan dibungkus dalam daun pisang, lalu dipanggang atau dikukus. Proses ini membuat ikan terasa sangat harum dan beraroma. Ikan Pepes sering kali disajikan dengan nasi.

  1. Dadar Gulung

Dadar Gulung adalah hidangan penutup khas Bali yang terbuat dari dadar, atau pancake hijau yang dibuat dari tepung beras dan daun suji. Dadar ini diisi dengan campuran kelapa parut dan gula merah. 

  1. Kopi Bali

Jangan lupakan minuman khas Bali yaitu Kopi Bali. Kopi Bali adalah kopi yang tumbuh di daerah pegunungan di Bali. Rasanya yang khas dan kuat membuatnya menjadi minuman yang sempurna untuk menutup santapan kuliner kamu.

Ketika kamu berkunjung ke Bali, jangan ragu untuk mencicipi berbagai hidangan khas Bali ini. Kekayaan rasa dan keunikan bahan-bahan lokal membuat pengalaman kuliner di Bali menjadi tak terlupakan. Selamat menikmati makanan khas Bali yang lezat!.

× chat us