+62 895-2885-6655 cyclinknesia@gmail.com

Cuaca ekstrem memiliki dampak yang cukup serius pada kesehatan. Perubahan drastic dalam suhu, kelembapan, dan kondisi cuaca dapat memengaruhi tubuh kita terutama sistem kekebalan tubuh dan kesejahteraan fisik. Secara lebih dalam artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan di cuaca ekstrem seperti sekarang ini.

Cuaca Panas Ekstrem

  1. Minum banyak air putih

Saat cuaca panas, tubuh cenderung kehilangan banyak cairan tubuh melalui keringat. Penting untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk mengindari dehidrasi. Jaga agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan minum air putih secara teratur.

  1. Kenakan pakaian yang tepat

Pilih pakaian yang longgar dan ringan terutama warna terang yang dapat memantulkan panas matahari. Jangan lupa mengenakan topi untuk melindungi wajah dan kepala dari sinar matahari.

  1. Hindari aktivias berat

Saat suhu panas tinggi hindari melakukan aktivitas fisik berat di luar ruangan. Jika perlu beraktivitas di luar ruangan sebaiknya lakukan di pagi atau sore hari ketika suhu lebih dingin.

  1. Gunakan tabir surya

Lindungi kulit kamu dengan menggunakan tabir surya yang memiliki faktor perlindungan tinggi. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Cuaca Dingin Ekstrem

  1. Kenakan pakaian hangat

Saat cuaca dingin, kenakan pakaian yang hangat dan lapisan pelindung. Pastikan kepala, tangan, dan kaki dapat tertutup dengan baik karena bagian-bagian ini rentan terhadap kerusakan suhu rendah.

  1. Hindari paparan dingin yang berlebihan

Jika suhu ekstrem turun di bawah nol, hindari berada di luar dalam waktu yang lama. Angin dingin dapat menyebabkan bahaya pembekuan. Jadi, jangan ekspos diri kamu terlalu lama.

  1. Panaskan tubuh

Ketika kamu kedinginan, bergeraklah untuk memproduksi panas tubuh. Lakukan latihan ringan untuk menjaga sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh.

  1. Jaga asupan gizi

Konsumsi makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat. Tubuh memerlukan energy ekstra untuk menjaga suhu tetap stabil. Selain itu, minumlah cairan hangat seperti the atau sup untuk menjaga tubuh tetap panas.

Keadaan Darurat dan Bencana Alam

  1. Rencanakan dengan baik

Dalam keadaan darurat seperti badai atau gempa bumi penting untuk memiliki rencana darurat dengan baik. ketahui jalur evakuasi, titik pertemuan, dan persediaan yang harus kamu bawa.

  1. Pertahankan komunikasi

Pastikan kamu memiliki alat komunikasi yang berfungsi seperti telepon gengam atau radio darurat. Hal ini akan memungkinkan kamu tetap terhubung dengan orang-orang dan petugas keamanan.

  1. Selalu siapkan tas darurat

Siapkan tas darurat yang berisi makanan, minuman, obat-obatan dan perlengkapan dasar lain. Tas ini akan membantu kamu bertahan dalam keadaan darurat hingga bantuan datang.

  1. Ikuti informasi dan peringatan resmi

Dengarkan informasi dari sumber resmi seperti pemerintah dan badan-badan cuaca. Ini akan membantu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang situasi cuaca atau keadaan darurat.

  1. Bantu sesame

Saat berada dalam situasi darurat, jangan ragu untuk membantu sesame. Bersama-sama kita dapat melalui masa-masa sulit dengan lebih baik.

× chat us