+62 895-2885-6655 cyclinknesia@gmail.com

Yogyakarta atau yang sering disingkat sebagai Jogja adalah salah satu kota paling ikonik di Indonesia yang kaya akan budaya, sejarah, dan pesona alam. Namun, di balik daya tarik utamanya yang sudah terkenal, terdapat sejumlah fakta unik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Dalam artikel ini, kami akan mengungkap beberapa fakta unik tentang Yogyakarta yang akan memperdalam pemahaman kamu tentang kota ini.

  1. Kereta Api yang Melewati Pasar Tradisional

Yogyakarta memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh banyak kota lain. Salah satunya adalah kereta api yang melewati pasar tradisional. Pasar Beringharjo, merupakan salah satu pasar tertua di Yogyakarta, pasar ini memiliki rel kereta api yang berjalan melalui pasar. Pedagang harus segera mengangkat dagangan mereka ketika kereta melintas, dan kemudian melanjutkan bisnis mereka setelah kereta pergi. Ini adalah pemandangan yang jarang ditemui di tempat lain.

  1. Pertukaran Budaya Kasepuhan Klithikan Pakualaman

Yogyakarta adalah tempat di mana budaya tradisional dan modern berdampingan dengan harmonis. Salah satu contoh yang menarik adalah pasar “Kasepuhan Klithikan Pakualaman”. Pasar ini adalah pasar barang bekas yang mana kamu dapat menemukan barang-barang antik, kerajinan tangan, dan barang-barang vintage dengan harga yang terjangkau. Pasar ini adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi sejarah dan budaya Jogja dengan anggaran terbatas.

  1. Atraksi Aneh-aneh di Taman Pintar

Taman Pintar adalah taman ilmu pengetahuan yang menawarkan berbagai atraksi pendidikan. Salah satu atraksi paling unik adalah “Aneh-aneh”. Kamu dapat melihat berbagai fenomena ilmiah yang aneh dan menakjubkan, seperti cahaya terbenam yang melintasi saku atau “terbang” di atas balon udara.

  1. Kehidupan Malam yang Ramai di Alun-Alun Utara

Alun-Alun Utara adalah salah satu pusat kehidupan malam di Yogyakarta. Di sini, kamu bisa menikmati suasana berjalan-jalan di taman yang indah, mencicipi makanan lezat di warung makan jalanan, dan bermain mainan tradisional seperti egrang (kayu loncat). Namun, fakta unik yang mungkin kurang diketahui adalah keberadaan dua pohon beringin yang besar. Dikatakan bahwa jika ada orang yang berhasil berjalan dari satu pohon ke pohon lainnya dengan mata tertutup maka akan mendapatkan keberuntungan.

  1. Sejarah Kalender Mataram

Yogyakarta adalah kota yang kaya akan sejarah dan salah satu fakta uniknya adalah Kalender Mataram. Ini adalah kalender tradisional yang masih digunakan oleh masyarakat lokal untuk menentukan hari-hari baik atau buruk untuk berbagai kegiatan, mulai dari pernikahan hingga panen padi. Kalender ini memiliki perhitungan yang sangat rumit dan digunakan oleh ahli peramal untuk membantu orang dalam keputusan penting mereka.

  1. Keunikan Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu museum paling unik di Yogyakarta. Museum ini didedikasikan untuk budaya dan sejarah Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Yogyakarta. Salah satu fitur yang paling menarik adalah bahwa pengunjung hanya diizinkan untuk berkunjung dengan pemandu wisata. Museum ini juga memiliki berbagai karya seni dan benda berharga yang sangat berharga termasuk koleksi foto unik keluarga kerajaan.

  1. Kuliner di Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah bangunan peninggalan Belanda yang dulu digunakan sebagai benteng pertahanan. Saat ini, di dalam benteng terdapat kafe yang menyajikan makanan dan minuman. Hal unik di sini adalah bahwa kamu dapat menikmati hidangan lezat sambil mendengarkan suara tembakan senapan mesin dan kebisingan peperangan yang direkam, menciptakan suasana yang unik dan kontras.

× chat us