+62 895-2885-6655 cyclinknesia@gmail.com

Traveling adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman berharga dan menjelajahi dunia. Namun, sering kali perjalanan dapat memakan biaya yang mahal. Tetapi kamu tidak perlu khawatir berikut ini kami akan memberikan beberapa tips wisata hemat agar kamu dapat mengejar petualangan impian kamu tanpa merusak anggaran. 

  1. Rencanakan dan Hitung Anggaran dengan Teliti

Sebelum berangkat, buatlah anggaran perjalanan yang rinci. Tentukan berapa banyak uang yang ingin kamu habiskan untuk akomodasi, transportasi, makanan, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Selalu sediakan dana darurat yang cukup, tetapi cobalah untuk tidak melebihi anggaran yang telah kamu tetapkan.

  1. Pilih Tujuan yang Terjangkau

Pilih tujuan wisata yang sesuai dengan anggaran kamu. Beberapa negara atau kota mungkin lebih mahal dari pada yang lain. Selain itu, lakukan penelitian untuk mengetahui tujuan yang memiliki biaya hidup rendah, termasuk tempat-tempat yang mungkin belum terlalu populer tetapi menawarkan pengalaman yang luar biasa.

  1. Gunakan Mesin Pencari Tiket dan Akomodasi

Manfaatkan mesin pencari tiket dan akomodasi online untuk mencari penawaran terbaik. Situs web dan aplikasi seperti Skyscanner, Kayak, Agoda, atau Booking.com dapat membantu kamu menemukan tiket pesawat murah dan akomodasi yang sesuai dengan anggaran. Perbandingan harga adalah kunci untuk menghemat uang.

  1. Pilih Transportasi Publik

Jika memungkinkan gunakanlah transportasi publik untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini seringkali lebih murah dari pada harus menyewa mobil atau menggunakan taksi. Selain itu, naik transportasi publik juga dapat memberikan pengalaman lokal yang lebih mendalam.

  1. Pertimbangkan Penerbangan Alternatif

Saat mencari tiket pesawat, pertimbangkan penerbangan alternatif. Terkadang, berangkat atau tiba di bandara yang terletak di luar kota yang kamu tuju bisa menjadi pilihan yang lebih hemat. Selain itu, perhatikan promo tiket pesawat dan pilih waktu keberangkatan yang tidak termasuk dalam musim liburan.

  1. Makan dengan Bijak

Salah satu pengeluaran terbesar saat bepergian adalah makanan. Cobalah untuk menghindari makan di restoran mewah setiap kali makan. Alihkan perhatian kamu ke makanan jalanan atau warung lokal yang menyajikan hidangan enak dengan harga yang lebih terjangkau.

  1. Cari Aktivitas Gratis atau Murah

Banyak destinasi wisata yang menawarkan aktivitas gratis atau murah yang memungkinkan kamu untuk menjelajahi budaya dan alam setempat tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Misalnya, jelajahi taman-taman kota, museum-museum dengan tiket masuk murah, atau jalur hiking di alam terbuka.

  1. Gunakan Kartu Diskon dan Keanggotaan

Jika kamu memiliki kartu diskon, kartu keanggotaan, atau kartu siswa internasional, manfaatkan fasilitas yang tersedia. Banyak tempat wisata, museum, dan restoran menawarkan diskon khusus untuk pemegang kartu tertentu.

  1. Pilih Akomodasi yang Sederhana

Jika kamu lebih memilih penginapan yang sederhana, pertimbangkan untuk menginap di hostel, guesthouse, atau apartemen sewaan daripada hotel bintang lima. Akomodasi yang lebih sederhana seringkali lebih terjangkau dan dapat menjadi kesempatan yang baik untuk bertemu dengan pelancong lainnya.

  1. Jelajahi dengan Berjalan Kaki atau Sepeda

Saat menjelajahi tujuan wisata, cobalah berjalan kaki atau menyewa sepeda dari pada menggunakan taksi atau transportasi umum. Ini tidak hanya akan membantu menghemat uang, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan lingkungan setempat.

  1. Buat Rencana Belanja Bijak

Ketika berbelanja suvenir atau barang-barang lain selama perjalanan pertimbangkan untuk melakukan tawar-menawar. Harga yang ditawarkan awalnya seringkali lebih tinggi dari pada yang seharusnya kamu bayar.

  1. Pilih Mata Uang Lokal

Saat berbelanja, pertimbangkan membayar dengan mata uang lokal untuk menghindari biaya konversi mata uang yang mahal.

  1. Hindari Perangkap Wisatawan

Saat bepergian, kamu mungkin akan menemui perangkap wisatawan yang mahal, seperti restoran dan toko yang terletak di dekat tempat popular. Selalu cari tempat-tempat yang lebih terjangkau dan berjarak sedikit lebih jauh dari tempat popular.

× chat us